STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
KEGIATAN CUCI TANGAN
NAMA LEMBAGA
|
TK AISYAH
|
KODE DOK.
|
SOP/PROS-003
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
UNIT PROGRAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL. REVISI
|
-
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
JUDUL
|
7 Langkah Mencuci
Tangan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan untuk
mencuci tangan (2.1)
Ø Membiasakan untuk
tertib (2.6)
Ø Membiasakan untuk
bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)
Ø Membiasakan untuk
bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
REFERENSI
|
Ø Permendiknas no.
146 tahun 2014
Ø Visi, Misi, dan
Tujuan Lembaga
Ø Kostelnik J.
Marjorie et all (2007). Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices
in Early Childhood Education (4th ed.). USA: New Jersey.
Ø http://paudjateng.xahzgs.com,
tanggal 04/11/2015, jam 13.26
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
PIHAK-PIHAK
TERKAIT
|
Guru kelompok/
wali kelas
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
DOKUMEN
|
Catatan
Perkembangan Anak
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|
1.
Basahilah kedua telapak tangan setinggi pertengahan
lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua
telapak tangan secara lembut.
2.
Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara
bergantian
3.
Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari
hingga bersih
4.
Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan
mengatupkan
5.
Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
6.
Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok
perlahan
7.
Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian
dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan
dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Komentar
Posting Komentar